Cara Mengukur Wallpaper

Cara Mengukur Wallpaper

Cara mengukur wallpaper bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menghitung keliling dinding dan tinggi dinding yang akan dipasang. Perhitungan wallpaper yang dibutuhkan pun tidak perlu 100% tepat, karena disini Anda dapat mengembalikan sisa wallpaper yang tidak digunakan.

Pertama mari kita lihat contoh yang paling mudah yaitu ruangan dengan bentuk segi empat. Pada ruangan segi empat, biasanya sisi yang berhadapan memiliki panjang yang sama. Mari kita perhatikan contoh berikut :

cara mengukur wallpaper

Pada gambar tersebut, tampak bahwa ruangan memiliki panjang 8 meter dan lebar 6 meter. Dinding yang berhadapan umunya memiliki panjang yang sama. Sebagai contoh, dinding yang berada di depan dinding dengan panjang 8 meter pastilah memiliki panjang yang sama yaitu 8 meter. Sedangkan dinding yang berada di depan dinding dengan panjang 6 meter pastilah memilki panjang yang sama yaitu 6 meter. Tetapi tidak ada salahnya apabila Anda ingin mengukur satu persatu dinding tersebut, karena terkadang akan terjadi perbedaan panjang dinding apabila ruangan tidak siku. Mari kita anggap bahwa ruangan diatas siku dan memiliki tinggi 3 meter.

Pertama, marilah kita menghitung keliling dinding yang akan dipasangi wallpaper. Pada gambar diatas, kita hanya perlu menambahkan panjang dari keempat sisi dinding yang akan dipasang wallpaper, yaitu 8 meter + 6 meter + 8 meter + 6 meter = 28 meter. Setelah Anda selesai menghitung keliling dinding, silahkan Anda kalikan dengan tinggi dinging. Jadi, luas dinding yang akan dipasang wallpaper adalah 28 meter x 3 meter, yaitu 84 meter persegi.

Apabila Anda sudah dapat memahami perhitungan pada gambar pertama, marilah kita menghitung ruangan dengan bentuk yang lebih rumit :

mengukur wallpaper

Pada gambar diatas, mari kita asumsikan bahwa sisi lekuk memliki panjang dan lebar yang sama yaitu 2 meter. Anda hanya perlu menambahkan setiap bidang yang akan dipasang wallpaper. Pada gambar diatas, keliling dindingnya adalah 9 meter + 12 meter + 5 meter + 2 meter + 2 meter + 2 meter + 2 meter + 8 meter yaitu 42 meter. Apabila tinggi dinding adalah 2,5 meter maka luas dinding yang akan dipasang wallpaper adalah 42 meter x 2,5 meter yaitu 105 meter persegi.

Ini adalah bagian akhir dari cara mengukur wallpaper. Setelah Anda mendapatkan luas dinding yang akan dipasang wallpaper. Anda perlu membagi luas dinding dengan luas wallpaper. Terdapat beberapa jenis ukuran wallpaper yang ada di pasaran, dan untuk mempermudah Anda, kami mengambil dua contoh jenis ukuran wallpaper yang paling banyak dipasarkan. Wallpaper standard memiliki lebar 0,5 meter dan tinggi 10 meter, maka luasnya adalah 5 meter persegi. Sedangkan wallpaper korea memiliki lebar 1 meter dan tinggi 15 meter, maka luasnya adalah 15 meter persegi.

Pertama, mari kita pelajari untuk perhitungan wallpaper standard. Untuk gambar pertama dengan luas 84 meter persegi, Anda sebaiknya melebihkan 5% dari luas dinding tersebut untuk mencegah Anda membeli wallpaper dalam jumlah yang kurang. Dengan melakukan perkalian kita dapatkan bahwa 5% dari 84 adalah 4,2 meter, jadi luas total nya adalah 84 meter + 4,2 meter = 88,2 meter. Kemudian Anda hanya perlu membagi 88,2 ( luas dinding ) dengan 5 ( luas wallpaper ) dan hasilnya adalah 17,64. Apabila angka hasil pembagian tidak bulat, Anda perlu membulatkan angka ini keatas menjadi 18 roll. Untuk gambar kedua dengan luas 105 meter persegi, 5% dari 105 adalah 5,25, jadi luas totalnya adalah 110,25 meter persegi. Hasil bagi 110,25 dengan 5 adalah 22,05 sehingga Anda dapat membulatkan hasil bagi tersebut menjadi 23 roll.

Teknik yang digunakan untuk menghitung kebutuhan wallpaper korea sama dengan wallpaper standard. Hanya saja, cara mengukur wallpaper standard adalah dengan membagi luas total dengan 5, sedangkan cara mengukur wallpaper korea adalah dengan membagi luas total dengan 15. Hasil bagi yang tidak bulat harus dibulatkan keatas. Jika Anda masih ragu dalam mengukur lantai vinyl yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan layanan survey gratis dari Decorindo Perkasa. Terimakasih.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply